Loading...
I don't own any of these images...I just found them on the web. If you see a photo of yours that you would like removed, please let me know.

Agar Pengajuan KPR Berjalan Mulus

Agar Pengajuan KPR Berjalan Mulus

Harga rumah yang terus melambung tinggi terkadang menciutkan hati orang - orang yang ingin membeli rumah. Apalagi dengan penghasilan yang tidak terlalu banyak untuk membeli rumah idaman.

Khawatir tidak cukup, orang sering kali takut membeli rumah idaman. Sebenarnya ada banyak cara atau siasat jitu yang ditempuh agar rumah idaman bisa dibeli.

Salah satunya adalah dengan menggunakan fasilitas KPR Bank.

KPR bisa menjadi solusi jitu bagi masyarakat yang menginginkan membeli rumah dengan cara mencicil walaupun penghasilan untuk membeli rumah secara kontan atau cash tidak dapat dilakukan.

Fasilitas KPR yang diberikan oleh lembaga bank mempunyai besaran hingga 80 persen. Hal ini bisa merupakan salah satu daya tarik tersendiri di samping keuntungan - keuntungan membeli rumah secara KPR.

Walaupun begitu, pengajuan KPR terkadang ditolak dikarenakan pihak bank sebagai pengucur kredit melakukan seleksi ketat terhadap calon pembeli rumah untuk meminimalkan potensi kredit macet.

Lantas, apa saja penyebab pengajuan KPR ditolak oleh bank dan apa saja tips supaya pengajuan KPR calon pembeli rumah dapat berjalan mulus. Berikut sedikit ulasan untuk Anda.


Penyebab KPR ditolak pihak bank :


Record Keuangan Yang Buruk

Banyak pemohon KPR yang terkapar karena memiliki catatan keuangan yang buruk.

Sebenarnya tidak buruk - buruk amat. Mungkin tanpa disadari telah melakukan keteledoran.

Misalnya saja terlambat membayar tagihan kartu kredit. Sebaiknya lunasi semua tagihan kartu kredit, setidaknya cukup untuk memproses pengajuan KPR.

Jika tagihan kartu kredit atau cicilan kendaraan bermotor calon konsumen KPR bermasalah, contohnya sering menunggak, maka bisa dipastikan bahwa calon konsumen KPR akan masuk dalam daftar hitam Bank Indonesia.

Jika sudah masuk dalam daftar hitam/black list Bank Indonesia, bank pemberi KPR akan sulit untuk memberikan dana kredit untuk calon konsumen KPR. Alasannya sudah jelas, yaitu, bank tidak mau berspeskulasi mengucurkan dana kredit kepada nasabah yang bermasalah dalam membayar cicilan kredit mereka.



Penghasilan Tidak Mencukupi Untuk Mencicil KPR

Apabila 30% atau sepertiga dari jumlah penghasilan bulanan tidak mencukupi untuk membayar cicilan KPR, maka bank tidak akan mengabulkan pengajuan KPR.



Masa Kerja Kurang Dari Dua Tahun

Untuk calon konsumen KPR yang masih berstatus karyawan, harus memperhatikan bahwa beberapa bank pemberi kredit KPR mensyaratkan bagi calon konsumen KPR telah bekerja atau menjadi karyawan tetap selama dua tahun.



Dokumen Sebagai Persyaratan Bank Tidak Lengkap Atau Tidak Valid

Perlu diingat, pihak bank sangat teliti mengecek setiap dokumen dan data - data yang Anda berikan.

Sedikit saja terjadi kesalahan maka pihak bank bisa membuat KPR ditolak. Selain penyediaan dokumen yang kurang lengkap, bank bisa saja menolak KPR apabila data yang diberikan berbeda.

Misalnya, Anda menulis pendapatan sebesar Rp7 juta per bulan, setelah dihubungi ke kantor ternyata gaji Anda hanya Rp5 juta per bulan. Di samping itu, nyalakan selalu ponsel Anda untuk menjawab panggilan telepon dari bank.

Bila Anda susah dihubungi, bank tak segan menolak pengajuan KPR Anda.




Calon Konsumen Memasuki Usia Pensiun

Bank memberikan persyaratan yang cukup ketat saat pengajuan KPR, yakni usia maksimal nasabah saat cicilan berakhir 55 tahun – 65 tahun ( sesuai aturan masing-masing bank ).

Karenanya, hitunglah usia Anda ketika hingga masa tenor Anda selesai, jangan sampai melebihi batas tersebut. Bila dalam perjalanan mencicil KPR, Anda sudah mau pensiun maka siap - siap KPR ditolak.





Tips Agar Pengajuan KPR Berjalan Mulus

Setelah mengetahui beberapa hal yang membuat pengajuan KPR ditolak dan jika sudah yakin bahwa catatan keuangan baik, masa kerja sudah lebih dari dua tahun dan tidak masuk usia pensiun, penghasilan cukup untuk uang mukan dan cicilan KPR serta dokumen yang diminta bank lengkap dan valid, sudah dipastikan proses pengajuan KPR akan lebih mudah. Berikut adalah tips agar pengajuan KPR berjalan seperti yang diharapkan oleh calon konsumen KPR.

– Tampil Percaya Diri

Membeli rumah mirip - mirip seperti mencari jodoh. Kalau Anda malu - malu, tidak PD dan menjengkelkan, maka calon Anda akan kabur.

Terhadap bank pun demikian. Tunjukkan sikap bahwa Anda pantas untuk membeli rumah tersebut. Tampilkan bahwa Anda bonafid. Pakailah pakaian yang sopan seperti busana seorang profesional.

Baju berkerah, disetrika rapi dan berkancing. Selain itu sopanlah dalam menjawab atau mengajukan pertanyaan kepada pihak bank. Kesan yang bagus akan membuat pihak bank lebih respek. Meski begitu, Anda mesti juga mempersiapkan dengan baik-baik persyaratan lainnya yang mereka minta.


– Developer Yang Helpful

Carilah developer yang bisa memberikan arahan dan siap membantu Anda mencairkan KPR. Tidak semua developer mau repot membantu kliennya. Jadi penting untuk mendapatkan developer yang asyik paling tidak mereka bisa diajak konsultasi dan memberikan masukan.


– Pilih Bank Yang Mudah Dan Ringan

Jangan mengajukan permohonan KPR hanya di satu bank. Minimal paling tidak ajukan ke 3 bank. Dan pilihlah bank yang prosedurnya mudah dan bunga KPR-nya ringan. Bank yang bisa menjadi pertimbangan adalah bank-bank baru, bank syariah, bank swasta. Jika di bank plat merah biasanya bunganya tinggi dan prosesnya agak sulit.


Anda sedang membaca IKLAN tentang Agar Pengajuan KPR Berjalan Mulus, Anda dapat menghubungi kami di 0812 8341 0618 jika IKLAN Agar Pengajuan KPR Berjalan Mulus ini menarik minat Anda, atau anda dapat mereferensikan link Agar Pengajuan KPR Berjalan Mulus ini sebagai sumbernya kepada rekan / kerabat anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
TOP