Loading...
I don't own any of these images...I just found them on the web. If you see a photo of yours that you would like removed, please let me know.

5 Tips Pindah Kerja ke Bidang Berbeda

5 Tips Pindah Kerja ke Bidang Berbeda

Apakah kamu seorang lulusan broadcasting yang berminat melamar sebagai account executive di sebuah biro iklan?

Atau kamu adalah insinyur yang ingin menjadi koki?

Sebenarnya pindah kerja ke bidang yang berbeda dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja adalah hal yang lumrah - lumrah saja terjadi.

Berbagai alasan melatarbelakanginya, mulai dari mengejar passion sampai alasan ekonomi.

Orang - orang yang memutuskan untuk pindah kerja ke bidang yang berbeda dengan latar belakangnya biasanya akan dicecar berbagai pertanyaan mengenai keputusan yang diambilnya tersebut, khususnya saat wawancara kerja. Oleh karena itu, sebelumnya kamu harus benar-benar merasa yakin akan keputusan yang diambil.

Jika kamu berminat untuk mengejar passion-mu dan melamar dalam industri yang berbeda dengan latar belakang pendidikan serta pengalamanmu, jangan khawatir, segalanya mungkin dijalani asal kamu mau berusaha.

Ayo, simak tips-tips berikut ini jika kamu ingin melamar di luar bidangmu!

Tips Pindah Kerja Ke Bidang yang Berbeda

Catat Segala Keahlianmu

Ambil selembar kertas dan tulislah pengalaman - pengalaman kerjamu, kelebihan, serta keahlian yang kamu miliki. Jangan batasi dirimu hanya pada jabatan di kantor dan berpikir bahwa jabatanmu sebelumnya tidak relevan dengan posisi baru yang kamu incar.

Benar - benar seleksi apa yang kamu lakukan satu-persatu untuk menemukan keahlian yang relevan untuk pekerjaan selanjutnya.

Misalnya, kamu pernah melatih staf baru, memiliki keahlian presentasi, pernah mengurus acara, atau membuat perencanaan social media.

Tulis juga semua program dan teknologi yang kamu kuasai. Gunakan pengalaman dan keahlian ini untuk menjual kemampuanmu.



Rela Berakit - Rakit ke Hulu

Banting setir ke bidang baru memang membuatmu harus rela menelan harga diri dan gengsi.

Bahkan jika pada pekerjaan sebelumnya kamu sudah mencapai jenjang yang lumayan tinggi, jangan berharap kamu langsung ditempatkan di posisi yang sama tingginya.

Ingat, ini adalah bidang baru yang mungkin belum benar - benar kamu kuasai dan belum kamu miliki pengalamannya.

Jika kamu rela memulai dari bawah, itu akan menunjukkan bahwa kamu kooperatif dan selalu ingin belajar lebih banyak.



Jual Dirimu Lewat Surat Lamaran

Resume memang penting, namun jangan lupakan pula kekuatan surat lamaran.

Tuliskan apa yang tidak ada di resumemu dan buatlah seunik mungkin untuk menunjukkan bahwa kamu adalah kandidat terbaik untuk pekerjaan tersebut.

Pastikan kamu mengetahui tentang perusahaan yang kamu lamar, agar kamu bisa mengaitkan visi dan misi perusahaan dengan tujuanmu melamar.



Benahi Resumemu

Biarpun selama ini kamu merasa resumemu telah solid, pindah kerja ke bidang lain memaksamu untuk melakukan beberapa revisi.

Lihat pengalaman - pengalaman kerjamu yang lama dan tulis ulang deskripsinya agar cocok dengan keahlian yang dibutuhkan perusahaan yang kamu lamar.

Misalnya, jika dulunya kamu adalah seorang perawat dan melamar untuk bekerja di bank, kamu harus fokus dengan kemampuan mengorganisir data dan keahlian intrapersonal.

Buat pengalaman kerjamu mendukung posisi baru yang kamu incar, meskipun berbeda bidang.



Siapkan Wawancara dengan Baik

Wawancara mungkin adalah tahap yang cukup menegangkan.

Cari tahu segala hal tentang perusahaan yang kamu tuju sebelum wawancara.

Cari tahu juga tentang posisi yang kamu lamar secara detail, sehingga kamu mampu menjawab jika pewawancara menanyaimu berbagai hal tentang posisi incaranmu.

Sempatkan latihan wawancara kerja demi menghadapi segala kemungkinan yang ada. Pewawancara pasti mempertanyakan mengapa kamu melamar pekerjaan di bidang yang berbeda dengan latar belakangmu.

Jangan gentar, jawablah dengan yakin dan gunakan pengalaman - pengalamanmu untuk meyakinkan pewawancara bahwa kamu adalah orang yang tepat.



Pindah kerja dibidang lain mungkin terasa sulit, namun jika ada keinginan dan passion, semua akan menjadi mungkin.

Contohnya, ada seorang lulusan institut seni yang memiliki latar belakang bidang fashion yang kemudian pindah kerja untuk berkarier di salah satu bank asing.

Demi menyesuaikan diri di bidang barunya, ia rela belajar ekonomi dari awal meskipun dalam dunia fashion ia telah meraih sejumlah penghargaan.

Jadi, tidak ada yang tak mungkin, asal mau merintis lagi dari bawah.

Siap terima tantangan, atau tetap berkarier di bidangmu saat ini?

The decision is all yours!


Source : JOBSDB

Anda sedang membaca IKLAN tentang 5 Tips Pindah Kerja ke Bidang Berbeda, Anda dapat menghubungi kami di 0812 8341 0618 jika IKLAN 5 Tips Pindah Kerja ke Bidang Berbeda ini menarik minat Anda, atau anda dapat mereferensikan link 5 Tips Pindah Kerja ke Bidang Berbeda ini sebagai sumbernya kepada rekan / kerabat anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
TOP