Loading...
I don't own any of these images...I just found them on the web. If you see a photo of yours that you would like removed, please let me know.

5 Tips Sederhana untuk Merawat Kendaraan di Musim Hujan

5 Tips Sederhana untuk Merawat Kendaraan di Musim Hujan

Musim penghujan mulai datang, jalanan pun mulai dipenuhi genangan.

Mobil ataupun sepeda motor tentu jadi lebih cepat kotor. Jangan biarkan kendaraan Anda kotor dalam waktu lama, karena dalam jangka panjang, noda bisa merusak bodi kendaraan, bahkan menimbulkan jamur dan karat.


Simak tips merawat kendaraan di musim hujan berikut ini :

1. Cuci Kendaraan Secara Rutin

Air cipratan dari genangan mengandung butiran debu, tanah, dan partikel lain yang bisa menggores cat kendaraan Anda. Setiap kali habis terguyur hujan atau melintasi jalanan becek, siram bagian luar kendaraan dengan air secara merata, sebelum dilap.

Jika punya waktu luang, gunakan sabun khusus kendaraan saat mencuci.



2. Perhatikan Kolong

Bagian kolong mobil dan motor kerap terabaikan. Padahal di sini biasanya lumpur menumpuk.

Jika dibiarkan noda ini akan menggerogoti lantai kendaraan dan berkarat. Gunakan nozzle selang yang bisa diatur tekanan semburannya. Semprot kolong kendaraan dengan air bertekanan untuk merontokkan kotoran.

PERIKSA KOLONG MOBIL


3. Lapisi Komponen Dengan Cairan Khusus

Perhatikan bagian - bagian tersembunyi pada mobil, seperti engsel pintu, sambungan-sambungan bodi, hingga sekrup-sekrup.

Komponen semacam ini paling mudah diserang karat. Sekarang banyak produk cairan pelumas berbahan dasar minyak sintetis dan silikon yang bisa digunakan untuk melapisi komponen sehingga tahan air.


4. Pastikan Wiper Berfungsi

Karet penghapus kaca ( wiper ) juga kerap dilupakan.

Padahal komponen ini perlu rutin diganti. Soalnya, jika sering terjemur sinar matahari, karetnya akan mengeras dan menggores kaca mobil saat dipakai.

Karet yang aus juga akan berkurang kinerjanya sehingga tidak efektif mengusir air pada kaca. Karet wiper sebaiknya diganti setiap 6-12 bulan. Selain karetnya, pastikan air pembasuh kaca selalu terisi.


5. Jaga Ruang Mesin Tetap Bersih

Air dan kotoran dapat dengan mudah masuk ke ruang mesin.

Hal ini bisa menimbulkan tumpukan kotoran yang mengganggu kinerja komponen atau menimbulkan kerusakan. Perhatikan kabel - kabel listrik pada mesin.

Jika terdapat retakan atau kabel yang terkelupas, lapisi dengan selotape khusus kabel listrik, atau segera ganti dengan yang baru. Kabel yang rusak bisa menyebabkan sistem kelistrikan mobil mati jika terkena air.

Cek juga busi mobil, jika sudah terlihat menghitam atau kotor, ganti dengan busi baru. Beberapa bengkel cuci mobil biasanya menyediakan layanan menyeluruh hingga pencucian ruang mesin.

Jaga Ruang Mesin Tetap Bersih


VIDEO TUTORIAL




Anda sedang membaca IKLAN tentang 5 Tips Sederhana untuk Merawat Kendaraan di Musim Hujan, Anda dapat menghubungi kami di 0812 8341 0618 jika IKLAN 5 Tips Sederhana untuk Merawat Kendaraan di Musim Hujan ini menarik minat Anda, atau anda dapat mereferensikan link 5 Tips Sederhana untuk Merawat Kendaraan di Musim Hujan ini sebagai sumbernya kepada rekan / kerabat anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
TOP